Saturday, August 6, 2016

Macam Macam Versi Android

Daftar Lengkap Versi Android

Hai Sahabat Korek kembali lagi dengan saya heheheh :)
Kali ini saya akan membahas tentang macam2 versi android :v
Tau android ??
Yap hampir semua tau istilah ANDROID !
Android terdiri dari berbagai macam versi. Nah pada bulan september 2016 nnti rencana nya pihak google akan mulai mengedarkan versi android 7.0 atau Nougat !!
Dripada kelamaan mikirin Nougat,mending kita simak macam2 versi android :v
Silahkan disimak Sahabat Korek :)



1. Tanpa nama (Android versi 1.0.1.1)

Sistem android versi 1.0 ini pertama kali hadir di tahun 2008, tepatnya pada oktober 2008. Ponsel pertama yang menggunakan system android adalah HTC. Pada bulan februari 2009 rilis update pertama android versi 1.1 yang masih belum memiliki nama.

Dan untuk android versi selanjutnya google memuskan untuk memberi nama versi android dengan nama makanan ringan, tujuannya adalah agar mudah di ingat oleh para pengguna dan pencinta android.



2. Cupcake (Android versi 1.2 - 1.5)

Nama Cupcake diambil dari sebuah makanan ringan berupa kue kecil yang di kemas dalam sebuah wadah yang biasanya di sajikan dengan frosting  diatasnya. Dengan penamaan Cupcake ini maka penamaan dari versi Android dimulai.



3. Donut (Androidversi 1.6)

Versi selanjutnya adalah Donut, versi ini dirilis pada bulan september 2009 tentu donut sudah tak asing lagi bagi telinga orang Indonesia. Donut adalah sebuah makanan ringan berbentuk bulat yang terdapat lubang di tengahnya (berbentuk seperti cincin).

Versi android ini memiliki fitur foto dan video dari kamera antarmuka dan integrasi pencarian yang lebih baik. Selain itu ditambahkan juga dukungan untuk ukuran layar yang lebih besar, dan diberi versi awal fitur navigasi turn-by-turn besutan Google.



4. Eclair (Android versi 2.0 - 2.1)

Eclair adalah makanan penutup yakni kue yang biasanya berbentuk persegi panjang yang dibuat dengan krim di tengah dan lapisan cokelat di atasnya. Di rilis pada bulan oktober 2009, dengan rilisnya android versi ini google menambahkan fitur Bluetooth 2.1, flash dan kamera dengan digital zoom, multi-touch, live wallpaper dan lainnya.



5. Froyo (Android versi 2.2 - 2.2.3)

Nama Froyo diambil dari kependekan dari Frozen Yoghurt yaitu yoghurt yang telah mengalami proses pendinginan sehingga terlihat seperti es krim. Versi ini dirilis pada bulan Mei 2010 dengan update memperbaiki segi kecepatan dan pengadopsian Javascript dari browser Google Chrome dengan fitur-fiturnya.



6. Gingerbread (Android versi 2.3 - 2.4)

Nama Gingerbread diambil dari jahe atau cookie dengan rasa khas jahe yang biasanya berbentuk boneka mirip manusia. versi ini dirilis pada bulan desember 2010. Smartphone pertama yang memakai versi android ini adalah Nexus S yang dikeluarkan oleh produsen Samsung. Android 2.3 Gingerbread ini merupakan OS Android yang paling lama berkuasa bahkan sampai sekarangpun beberapa vendor masih mengeluarkan ponsel dengan versi ini.

Adapun perbaikan di versi Gingerbread ini adalah tambahan fitur dukungan untuk SIP internet calling, kemampuan nirkabel NFC, dukungan untuk dual kamera, dukungan untuk sensor giroskop dan sensor lainnya, fitur download manager, sejumlah tweak untuk penggunaan di Tablet, dan lainnya.



7. Honeycomb (Android versi 3.0 - 3.2)

Nama Honeycomb diambildari nama sereal manis yang terbuat dari jagung dengan rasa madu yang berbentuk sarang lebah, makanan ini yang populer sejak tahun 1965. Untuk versi ini merupakan versi yang ditujukan untuk gadget Tablet. Android Honeycomb rilis pada Februari 2011, kemudian upgrade ke versi 3.1 dan 3.2.



8. Ice Cream Sandwich (Android versi 4.0)

Android Ice Cream Sandwich atau biasa dikenal dengan nama Android 4.0 ICS adalah versi terbaru Android yang sangat mendukung baik untuk smartphone, tablet, dan lainnya. Android ini rilis pada 19 October 2011. Yang baru dalam android ini adalah perubahan interface dari android sebelumnya, antara lain pengoptimalan multitasking, variasi layar beranda yang bisa disesuaikan dan interaktivitas mendalam serta cara baru yang ampuh untuk berkomunikasi dan berbagi konten.

Nama Ice Cream Sandwich diambil dari makanan dimana lapisan es krim yang biasanya berupa vanila yang terjepit antara dua cookies coklat, dan biasanya berbentuk persegi panjang.




9. Jellybean (Android versi 4.1

Android 4.1 Jelly Bean diumumkan pada 27 Juni 2012 pada konferensi Google l/O yang secara resmi dikenalkan ke publik sekitar Oktober 2012. Versi ini adalah yang tercepat dan terhalus dari semua versi Android. Fitur baru yang terapat di versi ini adalah meningkatkan kemudahan dan keindahan tampilan dari Ice Cream Sandwich dan memperkenalkan pengalaman pencarian Google yang baru di Android. Android 4.2 Jelly Bean juga menawarkan peningkatkan kecepatan dan kemudahan Android 4.1 serta mencakup semua fitur baru seperti Photo Sphere dan desain baru aplikasi kamera, keyboard Gesture Typing, Google Now dan lainnya.

Untuk nama Jelly Bean pasti semua tahu kan, ya nama ini diambil dari sejenis permen yang juga populer disebut kacang jeli.



10. Kitkat (Android versi 4.4)

Awalnya android versi ini di isukan bernama Key Lime Pie. Namun pada tanggal oktober 2013 google merilis kitkat sebagai generasi android berikutnya. Android versi ini memiliki banyak fitur & semakin memanjakan para pengguna android. Diantaranya : Immersive mode, Akses kontak langsung dari aplikasi telepon, google now launcher, dan pastinya memiliki interface UI yang baru.



11. Lollipop (Android versi 5.0)


Kelebihan Android Lollipop 5.0

a. Material merupakan hasil Desain terbaru
Tampilan bahasa terbaru Android menghasilkan sebagai tampilan grafis yang tampak seperti cetakan yakni desain yang dipakai atau yang dihasilkan mirip seperti terdapat pada kualitas kertas. Sebagai tampilan terbaiknya bahwa Material Desain, terlihat hampir serupa metafora material yakni menggunakan atribut taktil yang sangat familiar dan terdapat pencahayaan yang sangat realistis untuk menghasilkan ruang rasionalisasi dan pada sistem gerak terbaik.

b. Android sebagai all screen
Android Lollipop 5.0 ini didesain dengan rancangan untuk all-screen atau semua layar, yang tentunya sangat bisa menyesuaikan berbagai perangkat ketika digunakan pada sebuah ponsel, laptop, tablet, jam tangan,elektronik rumah, TV, maupun pada mobil.

c. Penggunaan Desain notifikasi terbaru
Untuk Notifikasi pada Android Lollipop ini sudah didesain dengan adanya notifikasi terbaru. Sistem notifikasi terbaru ini memberikan fungsi yang canggih yakni ketika pengguna bisa menampilkan prioritas pilihan dan menyembunyikan atau mengabaikan semua tampilan yang tidak diprioritaskan. Fitur ini dihadirkan sebagai hasil notifikasi baru yakni bisa muncul di atas atau dipermukaan dari semua aplikasi yang sedang digunakan, sehingga memungkinkan sekali untuk bisa melihatnya tanpa dengan berpindah-pindah tampilan selain itu juga bisa mengabaikan dan mengontrol dengan sangat mudah sekali.

d. Terdapat 64-bit ART compiler
Hasil ini adalah sebagai bentuk perubahan yang signifikan dan revolusioner pada sistem Android yang telah ada sehingga bisa Menggantikan yang awalnya Dalvik compiler menjadi ART Compiler yang lebih efisien, yang tentunya bisa menjadikan Android ini benar-benar cross-platform pada ARM, x86 dan MIPS. Dengan keberadaan ART compiler ini secara keseluruhan akan memberikan efek yang optimal pada system kerja memori dan aplikasi disaat sedang keadaan loading, atau bisa dikatakan ternyata Google telah membrikan hasil kinerja hingga mencapai dua kali lebih cepat dari android sebelumnya.

e. Proyek Volta untuk meningkatkan daya tahan baterai
Proyek Volta ini terdapat Battery Historian yang merupakan alat baru yang bisa memberikan kontrol maksimal pada sebuah aplikasi yang bisa mempengaruhi daya tahan baterai, sehingga alat ini untuk memastikan fungsi tertentu agar menjadikan tidak aktif disaat baterai dalam keadaan melemah. Selain itu Proyek Volta bisa memberikan rincian catatan atau mengidentifikasi secara baik disaat baterai sedang terkuras dan penggunaan fitur apa yang sebenarnya bisa memakan banyak daya baterai. Adanya API Job Scheduler, yang berfungsi untuk memilih dan menjalankan tugas- tugas yang menguras baterai bisa dilakukan pada saat sedang pengisian, atau perangkat akan bisa menghindari pembaruan aplikasi bila ternyata baterai telah habis. Tersedia built-in mode Battery Saver akan bisa menurunkan tingkat kecerahan layar, kerja CPU,dan juga batas update background yang ada.

f. Menu recent apps terbaru
Tab recents terbaru, menu ini ini bisa memungkinkan adanya pembagian tab Chrome menjadi terpisah, juga bisa diklik, dan berbeda.

g. Context-aware unlocking
Adanya personal unlocking merupakan salah satu bentuk rancangan terbaik yang dapat memperhitungkan perangkat Bluetooth ketika perangkat ponsel atau tablet sedang terkoneksi pada lokasi pengguna,juga suara unik yakni ketika layar yang sedang terkunci dengan kunci pola akan bisa dilewati jika smartphone Android sedang didekatkan dengan smartwatch.

h. Memisahkan work and play( bekerja dan bermain)
Android Lollipop juga memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk bisa mengoperasikan perangkat dalam dua jenis penggunaan fungsi yakni work and play yakni ketika untuk bekerja dan bermain.

i. Peningkatan pada pencarian kontekstual
Produsen Google juga memberikan kemudahan pada penggunanya dengan “penemuan kembali”, yakni Google Search dari Android terbaru ini sekarang bisa lebih baik lagi dan akurat serta cepat dalam merekam jejak.


Kekurangan Android Lollipop 5.0
-Tidak semua gadget bisa update ke versi ini karena google masih memberi update pada smartphone tertentu saja.



12.Marshmallow (Android versi 6.0)


Kelebihan Android Marsmallow 6.0

1. Baterai Irit
Keunggulan marshmallow yang pertama ialah pada baterai, berbeda dengan sitem operasi android yang sebelumnya dengan menyita daya baterai alias boros. Kini hadir marshmallow dengan keunggulanya yang irit baterai sehingga kinerja dari smartphone menjadi lebih optimal dan akan meningkatkan kenyamanan bagi pengguna smartphone tersebut nantinya.

2. Support Pindai Sidik Jari (Finger Scan)
Kabar gembira datang dari android marshmallow yang meningkatkan sistem keamanan bagi penggunaya. Sistem keamanan untuk sistem operasi android marshmallow mendukung pemindaian sidik jari atau fingerscan yang lebih aman pastinya, berbeda dengan versi sebelumnya yang masih menggunakan pola dengan sembilan lingkaran. Penggunaan pemindaian sidik jari lebih privacy dan lebih efisien dalam penggunaanya sebab kita hanya tinggal menempelkan jari kita ke layar dan layar dapat terbuka sehingga tidak sembarang orang dapat mengakses smartphone yang menggunakan sistem operasi android marshmallow ini,



Keunggulan dari pemindaian sidik jari ialah dapat digunakan untuk mode penguncian posel maupun tentikasi beberapa transaksi online yang membutuhkan sidik jari supaya lebih aman dalam pemakaianya.

3. Support Android Pay
Kelebihan dari sistem operasi android yang ketiga adalah mendukung android pay, Mungkin barang kali ada yang belum tau apa itu android pay, Android Pay adalah proses pembayaran Android dengan menggunakan koneksi NFC oleh Google. Sebenarnya Android Pay sudah siap bersaing dengan Apple Pay dan Samsung Pay. Keberadaan dari Android Pay dapat memudahkan transaksi online melalui smartphone secara langsung oleh pengguna android.

4. Support App Permision
Selanjutnya Android ini support fitur App Permision yaitu fitur yang menyesuaikan izin dari sebuah aplikasi oleh penggunanya. Tentu saja hal ini sangat membantu dan memudahkan pengguna dalam mengakses izin dari sebuah aplikasi yang langsung dapat ditangani oleh pengguna dengan mudah.

5. Support Fast Charging
Fitur yang selanjutnya yang membuat android marshmallow menjadi lebih unggul ialah mendukung support fast charging, Yang saya maksud adalah kemampuan suatu ponsel dalam mengisi baterai lebih cepat dan umumnya dimiliki oleh smartphone yang berkelas atas. Namun anda tidak perlu risau
karena OS Android Marshmallow yang terbaru mendukung fitur fast charging yang anda dapat rasakan sendiri kelebihanya walaupun smartphone biasa sekalipun.

Untuk pengisian daya android marshmallow akan kompatibel dengan port USB terbaru yaitu USB dengan Type-C, USB tipe ini memiliki kemampuan yang sangat menguntungkan yaitu dapat transfer daya lebih cepat.

Kekurangan Android Marshmallow 6.0

•Membutuhkan Waktu yang lama ketika Upgrade OS dari sistem operasi sebelumnya ke sistem operasi Marshmallow, agar dapat meningkatkan waktu upgrade saya sarankan untuk upgrade menggunakan koneksi internet yang cepat anda juga dapat menggunakan wifi agar koneksi lebih stabil.
•Belum merata ketersediaan di perangkat smartphone android.



0 comments:

Post a Comment